Bisnis Online Menggunakan Media Sosial


1.  Pengertian Media Sosial
Media sosial (sering disalahtuliskan sebagai sosial media) adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtualBlog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
2.  Perbedaan Website Dengan Media Sosial
3.  Membuat Media Sosial

Ø Cara Membuat Akun Facebook

1.       Pertama-tama silakan buka situs Facebook.com melalui browser (gunakan Chrome saja). Setelah halaman Facebook terbuka, silakan klik Buat Akun Baru.

2..       Pilih jenis kelamin anda (Perempuan atau Laki-laki) kemudian klik Selanjutnya.


3.     Masukkan nama lengkap anda pada kolom yang telah disediakan, lalu klik Selanjutnya.



4.    Pilih tanggal lahir anda kemdian klik Selanjutnya









5.   Masukkan nomor HP anda yang aktif, ingat ya yang aktif karena nanti Facebook akan mengirimi anda SMS yang berisi kode verifikasi. Jika sudah, klik Selanjutnya.




6.   Masukkan password / kata sandi untuk akun Facebook anda. Pastikan password ada angkanya juga ya biar aman dan sulit ditebak oleh orang lain. Jika sudah, klik Daftar.


7.   Selanjutnya klik OK.


8.  Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim oleh Facebook dalam bentuk SMS. Jika sudah, klik Konfirmasi.


9. Anda boleh menambahkan teman Facebook yang mungkin anda kenal. Anda juga bisa langsung klik Selanjutnya.


10.  Anda disarankan untuk menambahkan foto / gambar sebagai foto profil Facebook anda. Maka dari itu, klik Tambahkan Foto.


11.       Jika proses upload selesai, silakan klik Jadikan sebagai Foto Profil.


12.      Berhasil, akun Facebook anda sudah berhasil dibuat.


·        Pemasaran Online Menggunakan Facebook



Klik di sini 


Ø Cara Membuat Akun Instagram
1.Silahkan download Instagram secara gratis di Google Play Store melalui link berikut ini: Instagram di Play Store
2. Buka aplikasi instagram pada perangkat android Anda, maka Anda akan dihadapkan pada pilihan untuk mendaftar atau login. Pada pilihan pendaftaran (Sign Up) ada 2 pilihan yaitu pendaftaran reguler dengan menggunakan email atau pendaftaran menggunakan Facebook.
instagram_1
3. Jika Anda memutuskan untuk mendaftar menggunakan #email, silahkan tap pada bagian email dan masukkan email anda. Tap Next untuk melanjutkan
instagram_2
4. Tahap selanjutnya adalah tahapan untuk input nama, masukkan nama Instagram yang Anda inginkan. Atau Anda bisa melakukkan Skip untuk melewati tahap ini. Jika anda sudah memasukkan nama pilihan anda, tap pada Next.
instagram_3
5. Tahap selanjutnya adalah memilih username. Username ini nantinya akan menjadi alamat akses akun Anda di website instagram melalui instagram.com/usernameanda. Jika username tidak tersedia, silahkan pilih username lain.
instagram_4
6. Tahap selanjutnya adalah membuat password. Pastikan Anda membuat pasword yang kuat dan tidak mudah ditebak. Anda bisa menggunakan angka atau tanda baca agar password anda semakin kuat. Jika sudah selesai, silahkan tap Next.
instagram_5
7. Pada bagian ini, Anda dipersilahkan untuk memilih foto profil. Anda bisa mengambil foto profil dari Facebook, mengambil foto secara langsung, mengambil dari #Twitter, dan juga dari gallery foto. Ada juga pilihan skip jika Anda ingin melewati tahapan ini.
8. Langkah selanjutnya adalah untuk mencari teman, Anda akan diberikan pilihan untuk mencari teman melalui Facebook, kontak, dan juga akun yang direkomendasikan oleh Instagram. Anda juga bisa men-skipnya dengan melakukkan tap pada Skip di pojok kanan atas.
instagram_6

9. Dari sini akun Instagram Anda sudah selesai dibuat dan Anda siap berbagi foto dan gambar dengan teman-teman anda.
10. Anda juga bisa menghubungkan akun instagram dengan akun Facebook Anda. Manfaatnya adalah, Anda akan lebih mudah menemukan teman-teman Anda di Facebook yang menggunakan Instagram dan Anda juga bisa login langsung menggunakan Facebook jika sewaktu-waktu anda ingin mengakses instagram di perangkat lain atau ingin membuka instagram di PC.
·        Pemasaran Online Menggunakan Instagram



4. Menerapkan Pemasaran Online Dengan Memanfaatkan Medsos

1.  Macam-macam Pemasaran Media Video
 Video merupakan media audio visual yang memiliki tampilan yang paling menarik dan lebih mempengaruhi calon pelanggan daripada teks dan gambar diam. Oleh karena itu sangat disarankan bahwa model pemasaran apapun yang telah kita lakukan sebelumnya , menjadi sangat menjanjikan respon dari calon pelanggan jika kita memproduksinya dalam bentuk video.
    Membuat artikel video untuk pemasaran merupakan model yang sangat bagus dalam usaha pemasaran dan iklan melalui media internet yang dapat dibuat dalam durasi yang relatif singkat , sekitar 2-5 menit. Kemudian video diunggah ke berbagai website video sharing seperti youtube untuk didistribusikan ke berbagai kalangan masyarakat , baik secara terbatas di jejaring sosial , media sosial , maupun website atau blog dengan menyisipkan link embed (sisipan video).
    Cara yang paling konvensional adalah dengan membuat presentasi power point dari artikel asli , yang pada dasarnya teks artikel ke dalam slide show animasi. Gambar yang relevan akan ditambahkan ke slide dan suara akan di rekam selama setiap slide untuk menciptakan narasi voice-over untuk video. Presentasi dap0at di rekam menggunakan software screen capture seperti Camtasia (yang sudah dapat di lakukan dengan instalasi plugin dalam microsof tpower point) dan slide yang sekarang berubah menjadi video yang dapat di unggah ke situs berbagai video seperti : youtube untuk berbagi dengan para calon pelanggan. Pemasaran menggunakan video berfungsi juga sebagai media alternatif bagi perusahaan atau lembaga untuk meyampaikan pesan mereka kepada masyarakat yang lebih luas , untuk mendapatkan lebih banyak tanggapan.
    Beberapa perangkat lunak open source (freeware) yang dapat digunakan untuk mengolah video sebagai media pemasaran :
1. Avi demux
2. Blender
3. Cinelerra
4. Kden live
5. Kino
6. Lives
7. Open shot
8. Virtual dub
9. Virtual dub mod
10. Debugmode wax
11. Smart pixel
12. Windows movie marker.

  • Facebook
Hasil gambar untuk facebook adalah

fa cebook adalah situs jejaring sosial dan layanan dimana pengguna dapat memposting komentar, berbagai foto dan link ke berita atau konten menarik lainnya di Web, seperti: bermain game, chatting live dan bahkan streaming video langsung. Konten bersama dapat diakses secara publik atau hanya dapat dibagi di antara sekelompok teman atau keluarga, atau dengan satu orang, tergantung pilihan anda.

  • Twitter
Hasil gambar untuk twitter adalah

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter akan tetapi pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).

    • Pinterest 
    Hasil gambar untuk pinterest adalah
    Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Semisal kategori 'food and drink' di mana berisi foto dan gambar makanan dan minuman.
    •  Linkedln
    Hasil gambar untuk linkedin adalah

    linkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional


    2. Pemasaran Menggunakan Media Sosial

    Hasil gambar untuk pemasaran menggunakan media sosial


    Pemasaran melalui media sosial adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan melalui pihak ketiga yaitu website berbasis media sosial. Saat ini sudah banyak media sosial yang dapat digunakan untuk pemasaran atau promosi sebuah produk atau jasa.
    Media sosial yang sering digunakan untuk pemasaran atau promosi di antaranya Facebook, Instagram, dan Twitter. Melalui media ini perusahaan atau brand bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.
    Pemasaran dengan media sosial tidak selalu berhubungan dengan jual-beli secara langsung. Dalam pemasaran ini, Anda bisa memasarkan konten dalam bentuk postingan di web, gambar atau video. Konten yang dipasarkan melalui media sosial ini berhubungan dengan produk yang akan dijual.
    3. Viral Marketing
    Hasil gambar untuk viral marketing adalah
    Pemasaran Viral (Viral Marketing) adalah strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang. Pemasaran Viral berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak, seperti kerja sebuah virus komputer. pemasaran Viral memerlukan koneksi jaringan internet dalam penggunaannya.
     fungsi viral Marketing untuk mendorong seseorang agar menyampaikan kembali pesan atau informasi produk secara kuat, berkala, dan berkelanjutan. Dengan cara tersebut, konsumen jadi memiliki daya ingat yang kuat terhadap produk yang ditawarkan
    Faktor Pendukung Viral Marketing
    Kriteria pendukung yang harus diperhatikan dalam Viral marketing berdasarkan Wiranaga (2003:97) ialah sebagai diberikut:

    1. Produknya berkarakter dan memang diharapkan oleh konsumen, bukan produk yang mengada-ada, atau terlalu absurd bagi konsumen, apalagi yang masih perdebatanal.
    2. Harga produk bersaing dengan merek lain di toko atau di supermarket pada umumnya.
    3. Program yang ditawarkan kepada konsumen bersifat sederhana dan simpel dimengerti.
    4. Memdiberikan bonus minimal enam level, biar bisa mendapat bonus yang berarti.
    5. Bonus bersifat residual, bukan spesialuntuk satu kali saja tapi berkelanjutan sesuai dengan penghasilan perusahaan penyelenggara program.
    6. Tidak ada sasaran menjual atau sasaran point apapun, apalagi sasaran penjualan downline.
    7. Tidak ada syarat jumlah downline ataupun jabatan downline.
    8. Tidak ada syarat pembayaran kepersertaan, biaya pendaftaran, atau syarat iuran apapun.
    9. Tidak ada diwajibkan ikut seminar atau petes tertentu dalam bentuk apapun.
    10.Syarat belanja sesuai dengan kebutuhan masuk akal sebagai konsumen.
    11. Pengorbanan terbaik anda spesialuntuklah mengganti merek dari yang biasa ke merek yang mempersembahkan program.
    Kelebihan Viral Marketing
    Kelebihan utama viral marketing berdasarkan Richardson (10) :
    − Internet sudah menyatukan jutaan orang didunia cukup spesialuntuk dengan menekan tombol.
    − Cepatnya penyebaran warta melalui internet tidak bisa dibandingkan dengan masukana warta lainnya. Pengaruh eksponen internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik,
    sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.
    − Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk membuatkan warta itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang spesialuntuk mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarikdanunik lebih dari 10 juta pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna spesialuntuk menyisihkan uang dibawah 5 sen.
    − Viral marketing mempunyai kekerabatan dengan brand yang sudah terkenal, penerapan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang terdapat pada kekerabatan yang berlandaskan atas rasa percaya.
    − Viral marketing mempersembahkan dapat dipercaya instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan.
    − Viral marketing bisa diukur, memberikan peluang pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.
    Media Viral Marketing
    Hasil gambar untuk media viral marketing
    situs web surat elektronik gratis seperti Yahoo!, Hotmail, dan Google Mail, yang selain memberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.


    • Email
    Hasil gambar untuk email adalah
    Pengertian Email atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet.
    fungsi email 

    1.Mengirim dan Menerima Pesan

    2.Mengirim dan Menerima File

    3. Sebagai Identitas Diri

    4. Email Untuk Mendaftar di Berbagai Situs

    5. Email untuk Media Pemasaran

    Jenis-Jenis Email

    Mengacu pada pengertian email di atas, email dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu POP mail, Webmail, dan forward mail. Berikut penjelasan ketiganya:

    1. POP Mail

    Pengertian POP mail (Post Office Protocol) adalah jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP (baca: pengertian ISP) yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.

    2. Webmail

    Pengertian webmail adalah email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya maka ia harus membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.

    3. Forward Mail

    Pengertian forward mail adalah jenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti alamat email.


    • Blog
    Hasil gambar untuk bloger adalah
    Blogging adalah aktivitas menulis dan mengelola blog dengan memanfaatkan tool digital yang ada di internet agar sang blogger bisa menulis, membagikan, serta menautkan konten dengan mudah. Sejak kemunculannya hingga saat ini, blogging sangat populer.

    • Jejaring Sosial
    Hasil gambar untuk jejaring sosial adalah
    Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai,visi,ide,teman dll.


    • Video Viral
     adalah sebuah video yang menjadi populer melalui proses viral dari pembagian Internet, biasanya melalui situs web berbagi video, media sosial dan surat elektronik.

    • Viral Ebook
    Ebook adalah salah satu media digital yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda. Contohnya Viral marketing bukalapak, dimana ia membuat sebuah ebook cara sukses berjualan di bukalapak. Ebook tersebut di bagikan di forum bukalapak sendiri.






    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    5 Oleh-Oleh Khas Kuningan paling dicari,Harga murah + Rekomendasi Toko

    1. Opak Bakar Bahan dasar       : Beras ketan dan kelapa yang diproses dengan cara dipanggang Tekstur rasa        : Renyah,sebab di i...